Header Ads

Bagus Mana Wordpress VS Drupal



WordPress dan Drupal dirilis di tahun yang tidak terpaut jauh, drupal memang lebih tua yaitu dirilis pada tahun 2000, kedua CMS ini adalah pemain besar di pasar CMS namun WordPress telah memperoleh lebih banyak popularitas selama bertahun-tahun. Basis pengguna WordPress hampir 10 kali lipat dari Drupal – tetapi apakah dengan pengguna yang mencapai 10 kali lipat itu bisa diartikan lebih baik?
Memang masing-masing CMS memiliki pengikut setia. Tapi disini saya akan menunjukkan kepada Anda mengenai kedua CMS tersebut secara lengkap. Silahkan baca artikel ini sampai selesai agar anda tahu dan anda bisa menentukan akan menggunakan CMS mana dan untuk Kebutuhan apa?
KEMUDAHAN PENGGUNAAN
Sebuah faktor penentu kepopuleran dari CMS tentunya dari banyaknya pengguna dan kemudahan dari penggunaan CMS tersebut. Jika Anda sadar bahwa anda tidak memiliki pengetahuan, atau memiliki pengetahuan yang terbatas tentang pengembangan website maka tidak ada gunanya anda memilih Drupal. Karena Back end Drupal sangat jauh lebih rumit daripada WordPress yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Dengan WordPress, Anda dapat dengan mudah mulai membuat blog dan melakukan posting dalam beberapa menit saja.
Keuntungan lain dari WordPress adalah komunitas yang besar yang dapat membantu masalah anda tentang wordpress, anda bisa langsung mencari pertanyaan yang sudah terjawab atau anda bisa mengajukan pertanyaan, dan akan terjawab dengan cepat di forum wordpress (kunjungi forum wordpress). Meskipun Drupal juga memiliki komunitas juga dan tentunya juga merupakan komunitas yang besar tapi tetap lebih kecil dari komunitas WordPress ðŸ™‚ .
Untuk masalah Upgrade tentunya WordPress melakukan lebih rutin yaitu setiap 3-4 bulan – WordPress melakukannya secara mulus tanpa ada masalah, karena terpisah antara desain dan kode inti. Untuk Upgrade Drupal tentunya tidak termasuk kode. Jadi sekali lagi, Anda akan memerlukan pengetahuan lebih sebagai pengembang web untuk menangani upgrade drupal ini. Beberapa upgrade drupal memerlukan seluruh desain ulang, jadi anda harus hati-hati.
WordPress memiliki aplikasi mobile yang brilian, yang memungkinkan Anda menulis, mengedit, dan mengirim artikel semudah seperti Anda melakukannya di laptop atau PC. Untuk Antarmuka Drupal adalah responsif, sehingga juga sangat mudah digunakan, tapi drupal tidak memiliki sebuah aplikasi seperti WordPress.

FLEKSIBILITAS

Cara termudah untuk menyesuaikan situs Anda adalah melalui tema dan plugin. WordPress tentunya menjadi pemenang di sini, karena memiliki hampir 37.000 plugin dan berbagai themes gratis dan premium. Themes gratis banyak tersebar di berbagai sumber, anda bisa mendapatkan langsung di Direktori Theme wordpress Resmi atau anda bisa mendapatkan langsung di Centerklik themes. Untuk Themes Premium anda juga bisa mendapatkan di berbagai sumber, anda bisa mendapatkan themes yang murah dan bisa mendapatkan Themes wordpress premium yang banyak sekaligus di Elegant Themes.
Untuk alasan mengapa ada begitu banyak plugin ini karena komunitas pengembang open source yang besar. Dengan plugin inilah yang membuat WordPress begitu fleksibel. Anda dapat menggunakan WordPress untuk berbagai tujuan, anda bisa menggunakan WordPress untuk sebuah blog sederhana, situs portofolio untuk berbagi, bisnis atau sebuah toko online.
Drupal juga menawarkan fleksibilitas pada jenis halaman tanpa perlu plugin. Namun, jika Anda ingin mendapatkan kenyamanan seperti anda menggunakan plugin di wordpress, Drupal menyediakan yang namanya modul, anda bisa menambahkan modul untuk menunjang situs Drupal anda, tapi tentunya modul drupal yang gratis sangat terbatas, dan tema juga tersedia terbatas, sehingga Anda harus mencari desainer web khusus Drupal untuk membantu Anda mengubah situs Anda menjadi sesuatu yang cantik.

BIAYA

Untuk keduanya adalah Gratis untuk anda download dan digunakan, tapi plugin premium dan tema untuk Drupal lebih mahal daripada WordPress karena memang drupal lebih rumit, sedangkan ada banyak pilihan gratis di WordPress.
Tapi tetap anda harus ingat, bahwa jika website Anda tumbuh dari hari ke hari, tentunya anda akan membutuhkan sumber daya yang signifikan untuk Server jika menggunakan WordPress, tapi semua itu bisa anda tangani dengan pemilihan hosting yang terbaik.

KEAMANAN

Untuk keamanan, Drupal menang kali ini. WordPress mempunyai banyak plugin yang tersebar tentunya dapat memiliki kerentanan dan mudah untuk di hack, terutama jika pemilik website tidak rutin melakukan update ke versi terbaru. Atau bisa jadi hacker memang sengaja menargetkan untuk WordPress karena WordPress mempunyai pengguna yang sangat besar dan populer. Namun, hal itu tetap ada solusi, anda bisa menginstall plugin pihak ketiga untuk meningkatkan keamanan WordPress Anda.
Drupal memang memiliki keamanan level enterprise dan menyediakan laporan keamanan yang lengkap dan mendalam, maka dari alasan itulah kenapa Drupal lebih sering digunakan untuk situs-situs besar pemerintahan dan universitas. Anda bisa melihat daftar situs-situs besar yang menggunakan Drupal disini.

UKURAN

Drupal dapat mendukung apa pun dari satu halaman situs statis untuk memiliki ribuan halaman dan menangani ribuan pembaca membaca halaman tersebut secara bersamaan.
WordPress pada awalnya dirancang sebagai platform blogging, kemampuannya untuk menangani volume yang benar-benar besar tentunya menciptakan pengalaman yang lebih lambat.

SEO FRIENDLY

Search Engine Optimization bukan memilih berdasarkan platform apa yang digunakan, tetapi ada beberapa trik yang membuat satu lebih baik daripada yang lain. Tentunya bagaimana si pemilik situs membangun SEO pada situs mereka. Memang pada kenyataanya Drupal dibangun khusus untuk mesin pencari yang lebih ramah namun WordPress memiliki banyak plugin yang dapat meningkatkan SEO ini.
Halaman Drupal cenderung memuat lebih cepat karena fitur caching default, dan mesin pencari menempatkan preferensi yang lebih baik untuk website lebih cepat. Drupal juga mampu menangani sejumlah besar konten. Sebuah volume konten besar yang bermanfaat adalah penting untuk SEO.
Salah satu perbedaan besar antara keduanya adalah bagaimana mereka menangani situs mobile. Banyak tema Drupal mobile berjalan lebih baik dari sebuah subdomain, yang menciptakan dua URL terpisah untuk indeks di mesin pencari yaitu www.domainanda.com dan www.m.domainanda.com. WordPress tidak memiliki masalah untuk hal ini karena sebagian besar themes wordpress sudah responsif.

MULTI PENULIS

Jika situs Web Anda akan digunakan sebagai platform penerbitan dan Anda perlu kemampuan untuk membiarkan beberapa penulis masuk, membuat profil, dan Posting artikel maka WordPress tentu lebih baik.
Ada berbagai jenis penulis menyarankan, dari Langganan mana Anda hanya dapat melihat konten, untuk Editor yang dapat mengedit pekerjaan lain. Tentu saja, ada juga Admin yang mengontrol situs. Sebagai Admin, anda juga dapat mengedit kemampuan dari masing-masing pengguna dan menciptakan peran baru, membuat WordPress sangat fleksibel di daerah ini. Anda juga dapat menambahkan peran dalam Drupal, tetapi ada peran standar sedikit yang sudah diset sebelumnya.
Drupal datang dengan solusi revisi dasar, sehingga beberapa penulis dapat bekerja pada sebuah artikel pada waktu yang sama dan melihat dilacak suntingan. WordPress membutuhkan plugin untuk dapat melakukan hal ini, tetapi ada banyak versi yang kompeten yang tersedia.

SIAPA YANG MENGGUNAKAN?

Drupal memiliki White House dan The Economist sebagai pengguna, sedangkan WordPress memiliki The New York Times dan CNN. Karena manfaat yang bervariasi sudah dibahas sebelumnya, WordPress adalah pilihan yang jelas untuk tujuan website kreatif dan penerbitan konten, dan Drupal baik bagi mereka yang membutuhkan sebuah website yang stabil dan terukur tanpa memprioritaskan estetika.
Secara keseluruhan, pengembang mengambil ke Drupal karena kuat dan fleksibel, sehingga mereka dapat bekerja sihir mereka di atasnya dan menciptakan solusi mereka sendiri. Blogger dan usaha kecil yang tidak memiliki pengetahuan atau waktu dan ingin sesuatu yang sangat mudah digunakan akan memilih untuk WordPress.

KESIMPULAN
Saya akan menyerahkan kepada Anda semua yang membaca tulisan ini untuk menilai siapa pemenangnya.
Jika Anda seorang pengembang web kreatif, dan Anda ingin proyek desain yang unik, maka Drupal mungkin menjadi pilihan Anda. Drupal datang untuk menangani banyak data untuk perusahaan Anda sendiri atau klien, karena keamanan akan menjadi prioritas utama. Dan jika SEO merupakan bagian dari strategi pemasaran Anda, Drupal akan bekerja terbaik karena kemampuannya untuk menangani banyak konten dan memberikan beban halaman yang cepat.
Jika Anda ingin menciptakan sebuah platform penerbitan multi-penulis, Anda akan lebih baik dengan WordPress. Pastikan Anda sudah memperkirakan seberapa besar situs Anda akan tumbuh suatu saat nanti, seperti Drupal dapat menangani situs yang lebih besar dengan lebih baik. Faktor utama dan penting adalah dari kemudahan penggunaan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman untuk mengembangkan website Anda sendiri, atau tidak memiliki waktu atau uang untuk membayar orang lain, WordPress adalah pilihan untuk Anda. Drupal memang dirancang untuk pengembang yang memungkinkan bagi pengembang untuk melakukan desain tidak terbatas. Pengembang secara aktif didorong untuk datang dengan solusi mereka sendiri. Tapi aspek ramah-pengembang ini menakutkan bagi orang awam.

No comments

Powered by Blogger.