Header Ads

Seputar Rooting Android : Cara Mengganti KingUser (KingRoot) dengan SuperSU



Rooting adalah sebuah proses untuk mendapatkan hak akses penuh pada perangkat Android. Dengan kata lain, rooting memungkinkan user biasa mendapatkan akses sebagai superuser, yaitu pengguna yang memiliki izin untuk mengakses serta melakukan perubahan pada sistem Android itu sendiri.
Meskipun rooting dengan menggunakan skrip SuperSU adalah cara yang paling populer, tapi ada banyak pengguna yang telah me-rooting perangkat mereka menggunakan aplikasi lain seperti KingRoot sehingga yang mereka dapatkan bukanlah SuperSU melainkan KungUser.
Sayangnya, tidak semua orang menyukai aplikasi tersebut karena dianggap berasal dari pengembang yang kurang populer dan diragukan. Oleh karena itu, tidak adanya kepercayaan terhadap suatu aplikasi menjadi salah satu alasan penting mengapa orang-orang ingin menghapus aplikasi tersebut, dalam hal ini KingRoot dengan KingUser nya.
Apakah Anda termasuk salah satunya? Apakah Anda ingin beralih dari KingUser ke SuperSU? Nah, di bawah ini adalah tutorial sederhana tentang cara mengganti KingUser dari KingRoot dengan SuperSU.

Metode 1 (Cara Termudah)

Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk beralih dari KingUser ke SuperSU. Namun, metode ini tidak selalu bekerja pada setiap perangkat, jika metode pertama ini gagal, gunakan metode ke-2 yang akan dijelaskan berikutnya.
  1. Download dan install aplikasi resmi SuperSU.
  2. Kemudian berikan izin pada aplikasi tersebut sebagai SuperUser
  3. Uninstall KingRoot (baca: Cara Menghapus Aplikasi KingRoot (KingUser)).
  4. Perbarui SuperUser Binary dan restart perangkat Anda.
  5. Selamat! Anda sudah berhasil mengganti KingUser dengan SuperSU.
Bagi Anda yang gagal di cara pertama ini tidak perlu khawatir. Ada cara yang lebih ampuh dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, hanya saja Anda harus cukup mengerti cara menggunakan Terminal EmulatorAndroid.
Untungnya, Anda tidak memerlukan perangkat bantuan seperti PC atau laptop. Langsung saja, berikut caranya:
  1. Download dan install Terminal Emulator untuk Android.
  2. Download Replace_Kinguser_with_SuperSU-v2.4.zip.
  3. Unzip/ekstrak file yang Anda download di langkah no 2 dan simpan file “Extracted Folder – MRW” hasil ekstrak di direktori terluar di memori internal.
  4. Buka aplikasi Terminal Emulator dan tulis perintah berikut di Terminal Emulator:
    Su
  5. Setelah itu akan muncul kotak pesan yang meminta Anda untuk menolak/mengizinkan fungsi. Berikan izin agar aplikasi dapat menghapus KingUser di perangkat Anda.
  6. Selanjutnya, ketikkan satu baris kode berikut:
    sh /sdcard/mrw/root.sh
Setelah menulis perintah di atas, mungkin hasilnya akan menunjukkan beberapa kesalahan, semacam error, tetapi tidak perlu khawatir, abaikan saja kesalahan tersebut maka secara otomatis aplikasi SuperSU akan terbuka dengan sendirinya.
Setelah selesai, restart perangkat dan Anda kini telah berhasil mengganti KingUser dari KingRoot dengan SuperSU dari Chainfire.

No comments

Powered by Blogger.